Selasa, 07 November 2017

Array Pascal

Array merupakan struktur data yang statis , yaitu jumlah elemen yang ada harus ditentukan terlebih dahulu dan tak bisa di ubah saat program berjalan. Untuk menyatakan array dalam PASCAL kita harus terlebih dahulu:
• Mendefinisikan jumlah elemen array ,
• Mendefinisikan tipe data dari elemen array

Contoh :
const
 N=10;
type
 A= array [1..N] of integer;

1. Array Satu Dimensi Pendefinisian array secara umum adalah sebagai berikut: jika kita ingin membuat beberapa array dengan tipe/jenis yang sama, kita lebih baik jika mendeklarasikan dengan type selanjutnya dengan deklarasi var .

        type 

          nama_array = ARRAY [bawah..atas] of tipe_data;
        var
           variabel_array : nama_array;
           atau dengan menggunakan statement var :  
         var
            variabel_array : ARRAY [bawah..atas] of tipe_data;

Penjelasan: Bawah dan Atas menyatakan batas untuk array . tipe_data adalah merupakan tipe variabel yang dipunyai array (mis. Integer , char , real , dsb)

2. Array Multidimensi  

Dalam array multidimensi terdiri atas baris ( row ) dan kolom ( column ). Index pertama adalah baris dan yang kedua adalah kolom .

Type nama_array = ARRAY [bawah..atas, bawah..atas] of tipe_data;
var variabel_array : nama_array;
atau dengan menggunakan statement var :
var variabel_array : ARRAY[bawah..atas, bawah..atas] of tipe_data;



Kompilasi program tersebut dengan menekan Alt+F9 dan jalankan program tersebut dengan menekan Ctrl+F9 , kemudian amati hasilnya bila dimasukkan masukan tertentu. Sekarang simpan program tersebut dengan memilih menu File lalu pilih Save . Simpan dengan nama Prak5_01.PAS . 

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html