Selasa, 07 November 2017

Procedure & Functions pascal

       Program Pascal akan menjadi mudah dibuat jika ditulis dalam bentuk modul-modul. Sistem modul ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :

1. Untuk langkah-langkah yang sering dilakukan (bukan perulangan), akan terhindar dari pembuatan pernyataan-pernyataan yang sama .
2. Suatu modul program hanya sekali ditetapkan dan dapat dipanggil dari beberapa tempat dalam program. Sekumpulan data yang berbeda juga dapat diproses setiap kali modul tersebut dijalankan.

            Dengan menggunakan sistem modul ini panjang program akan dapat dikurangi. Dalam pascal terdapat dua tipe modul, yaitu prosedur dan fungsi ( procedures and functions). Dua tipe modul program ini sama, hanya cara pemanggilannya berbeda, dan memberikan informasi dengan cara yang berbeda. Pada praktikum-praktikum sebelumnya telah digunakan beberapa prosedur bawaan, misalya Write, Writeln, Read dan Readln, serta Fungsi bawaan, misalnya , Odd, Sqr, dll. 

            Prosedur ( Procedures ) memiliki struktur yang sama dengan struktur program, yaitu terdiri dari nama prosedur, pengumuman-pengumuman atau deklarasi (kecuali pengumuman uses ), dan bagian utama (pernyataan) dari prosedur tersebut. Di dalam prosedur juga dimungkinkan terdapat prosedur (atau fungsi) lainnya, sehingga dapat disebut dengan prosedur bersarang ( nested procedures ). 
                    PROCEDURE nama(daftar_parameter)
                    Bagian deklarasi / pengumuman; 
                    Bagian pernyataan;

Fungsi (functions) hampir sama dengan prosedur, dengan sedikit perbedaan bahwa nama fungsi sekaligus berfungsi sebagai suatu ungkapan (pada blok pemanggil fungsi tersebut). Sehingga setiap fungsi harus diumumkan tipe datanya.

                    FUNCTION nama_fungsi(daftar_parameter ) : tipe; 
                    Bagian deklarasi / pengumuman;
                    Bagian pernyataan;  



Kompilasi dan jalankan program tersebut. Prosedur Maximum berfungsi untuk menentukan nilai maksimum dari 2 buah bilangan bulat. Program tersebut merupakan contoh penerapan pembuatan prosedur tanpa parameter. Amati nilai yang dihasilkan jika dimasukkan data tertentu.



Kompilasi dan jalankan program tersebut lalu amatilah hasilnya. Prosedur Flip dan Prosedur Flop di atas menampilkan kata ‘Flip’ dan ‘Flop’ secara bergantian sesuai dengan inputan banyak kata. Deklarasi forward digunakan untuk mendeklarasikan Prosedur Flip di atas prosedur Flop, sehingga pada saat prosedur Flop dijalankan dan prosedur Flip dipanggil, prosedur Flip dapat dikenali. 


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html