Selasa, 07 November 2017

Perulangan/Looping pascal

Pengenalan Pernyataan Perulangan ( Loop Statement )  
          Pernyataan Perulangan memiliki tiga pernyataan, repeat , while , dan for . Pernyataan perulangan dipakai untuk melakukan proses berulang terhadap pernyataan sederhana atau pernyataan terstruktur.

Pernyataan Repeat ( Repeat Statements )  
           Pernyataan repeat ( repeat statements ) digunakan untuk melakukan perulangan terhadap suatu pernyataan, dimana proses pemeriksaan syaratnya berada pada akhir pernyataan repeat tersebut. Pernyataan-pernyataan yang ada pada repeat akan dijalankan (diulang terus) sampai kondisi yang diseleksi di until tidak terpenuhi .

Pernyataan While ( While Statements )  
           Pernyataan while ( while statements ) hampir sama dengan pernyataan repeat , dengan sedikit perbedaan bahwa pernyataan while melakukan pengujian syarat pada awal proses berulang (pernyataan repeat melakukannya di akhir proses). Pengujian awal digunakan untuk agar program dapat menyeleksi kondisi, sehingga program dapat menentukan tindakan apa yang harus dikerjakan, tergantung dari kondisi yang diseleksi tersebut. Pada pernyataan-pernyataan yang ada pada while tidak akan dijalankan jika kondisi tidak terpenuhi.

Pernyataan For ( For Statements ) 
            Pernyataan for ( for statements ) juga digunakan untuk melakukan proses perulangan. Hanya saja proses perulangan pada pernyataan for langsung dikendalikan oleh suatu peubah yang disebut peubah kendali (control variables ) yang harus bertipe berurutan. Jadi pada pernyataan for pada dasar sudah diketahui jumlah perulangannya. Perulangan dengan pernyataan for dapat berupa perulangan positif ( 'to' ) dan perulangan negatif ( 'downto' ). Jika pernyataan yang akan mengalami perulangan lebih dari satu pernyataan, maka harus diawali dengan begin dan diakhiri dengan end ;. 

Pengendalian Perulangan 
            Adakalanya pemrogram menginginkan suatu keadaan dimana dalam proses perulangan, perulangan dapat dihentikan atau dilanjutkan tanpa selalu harus melalui pengujian syaratnya. Untuk keperluan itu, Pascal telah menyediakan dua prosedur bawaan, yaitu Break dan Continue . Untuk menghentikan proses perulangan ketika proses belum mencapai pengujian syaratnya, dapat digunakan prosedur Break . Sedangkan untuk meneruskan proses perulangan ke proses selanjutnya ketika proses belum mencapai pengujian syaratnya, dapat digunakan prosedur Continue .


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html