Selasa, 07 November 2017

Bahasa Pascal

Mengenal Interface Pascal


           Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada Siswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Bahasa Pascal merupakan bahasa pemrograman yang berjalan pada sistem operasi DOS, sehingga tampilannya lebih bersifat teks bukan GUI, akan tetapi sudah ada bahasa Pacal yang under Windows (diinstall pada sistem operasi windows). Yang digunakan pada praktikum kita saat ini adalah Turbo Pascal versi 7.1 atau free pascal. Adapun tampilan awal ketika kita berhasil memanggil / eksekusi Turbo Pascal versi 7.1 (dalam hal ini file TPX.EXE) adalah sebagai berikut :



Dari tampilan gambar 1 tersebut, selanjutnya dapat langsung menekan tombol Enter atau mengklik tombol ”OK” dengan menggunakan mouse. Adapun tampilan selanjutnya adalah sebagai berikut: 


Dalam kondisi seperti gambar di atas, kita dapat mengetikan program dan diberi nama file secara default nonamee.pas. Proses selanjutnya kita dapat memanipulasi file dengan menggunakan menu –menu yang sudah disiapkan atau mengunakan tombol-tombol fungsi dari keyboard. Beberapa urutan normal yang biasa digunakan ketika membuat program dengan menggunakan bahasa Pascal : 
1. Buatlah sebuah file baru dengan perintah File > New 
2. Ketika selesai file dapat disimpan dengan perintah File > Save atau menekan tombol F2 
3. Simpanlah file dengan mengetikan nama baru yang tidak boleh melebihi 8 karakter dan tidak perlu       memberikan ekstension PAS, karena ekstension akan diberkan secara otomatis.
4. File yang sudah tersimpan dapat di-compile untuk memeriksa kebenaran penulisan sintaks dengan 
    cara menggunakan perintah Compile  Compile atau menggunakan Alt+F9
5. Apabila tidak ada yang salah lagi secara sintaks, maka bisa di-Run dengan perintah Run 
    Run atau menggunakan Ctrl+F9 

2. Struktur Program Pascal  

    Sebuah program Pascal berisi kepala program, anak kalimat uses (tidak harus ada), serta blok pengumuman dan pernyataan. Kepala program menunjukkan nama program. Anak kalimat uses menggunakan unit-unit yang dipakai oleh program tersebut. Bagian terakhir merupakan blok yang berisi pengumuman dan pernyataan yang akan dijalankan. Pada beberapa baris program Pascal biasanya diakhiri oleh titik koma ( ; ). 





Terimah kasih telah berkunjung , semoga bermanfaat :D









0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html