Selasa, 07 November 2017

Kondisi pascal

1. Pengenalan Pernyataan Kendali ( Conditional Statement )  
    Struktur kendali aliran adalah suatu bentuk/struktur yang memiliki peranan khusus untuk mengatur aliran urutan pengerjaan operasi atau beberapa operasi tertentu. Pernyataan kendali terbagi menjadi dua, yaitu pernyataan if dan pernyataan case . 
  •  Pernyataan If ( If Statement )
          Pernyataan if ( if statement ) akan memeriksa suatu persyaratan dan menentukan apakah syarat            tersebut benar atau salah, kemudian melakukan pekerjaan sesuai dengan nilai pernyataan                    tersebut. 



Dari bentuk bentuk pernyataan if di atas yang harus diperhatikan adalah untuk pernyataan if dan else , pernyataan-pernyataan setelah then tanpa menggunakan “;”. Dengan kata lain jika pernyataan setelah then hanya terdiri dari satu pernyataan saja makan pernyataan tersebut tanpa menggunakan “;”, namun jika pernyataan setelah then terdiri dari lebih dari satu pernyataan makan setelah end tanpa menggunakan “;”.


Percobaan
       Berikut contoh program sederhana untuk menghitung luas segitiga dan lingkaran. Yang mana perhitungan luas dua buah bangun tersebut digabung menjadi satu program, dan pemakai dapat memilih masalah mana yang akan dipecahkan.  







Jalankan program tersebut. Pada program tersebut disajikan dua macam pilihan kepada pemakai untuk menghitung luas segitiga atau luas lingkaran. Peubah/variabel pilih digunakan untuk menentukan pilihannya.

  • Pernyataan Case 
( Case Statement ) Pernyataan case ( case statement ) berisi ungkapan pemilih (selector ) dan sederetan pernyataan yang masing-masing diawali dengan satu atau lebih tetapan ( case constant ) atau dengan kata kunci else . Semua tetapan case harus khas dan tipe berurutan yang digunakan harus sesuai dengan tipe pemilih. Sama halnya dengan pernyataan if , pada pernyataan case jika pernyataan yang akan dijalankan lebih dari satu pernyataan maka sebelum pernyataan-pernyataan tersebut harus diawali dengan begin dan diakhiri dengan end . Berikut bentuk pernyataan case :  






0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html